Baznas Siak Segera Salurkan Dana Zakat 1,5 Miliar

Oleh: Tamam
Rabu, 13 Mar 2019 10:52
Dibaca: 41 kali
BAGIKAN:
Liputanriau.com, SIAK-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)  Kabupaten Siak dalam waktu dekat akan menyalurkan Zakat Tahap I Tahun 2019, dengan jumlah dana mencapai Rp 1.565.304.855. Dana zakat tersebut rrncananya disalurkan kepada para mustahik yang tersebar di 14 Kecamatan se Kabupaten Siak.

Hal tersebut dikatakan Ketua BAZNAS Kabupaten H. Abdul Rasyid Suharto Pua Upa melalui Wakil Ketua I Bidang Pendistribusian Zakat Dadang Saputra di Siak Sri Indrapura Selasa (12/3/19).

"Dana zakat yang akan kita salurkan pada Tahap I  ini merupakan hasil pengumpulan sejak Bulan Januari hingga akhir Februari 2019, sesuai dengan cut off dari masing masing UPZ kecamatan, kampung, perusahaan dan UPZ masjid yang ada di Kabupaten Siak" kata Dadang.

Dadang juga menyebut pola rencana penyaluran zakat tersebut terbagi dalam dua skema yaitu pola produktif 70 persen dan pola konsumtif sebanyak 30 persen.

'Untuk pola produktif akan kita salurkan kepada mustahik yang mengembangkan usaha seperti
Peternak lele, usaha pertanian dan UMKM, sedangkan untuk pola konsumtif berupa dana zakat tunai akan diserahkan langsung kepada mustahik untuk membantu meringankan biaya hidup mereka" jelasnya. 

Pola produktif dan konsumtif ini lanjut Dadang merupakan bagian dari program BAZNAS Siak Sejahtera dan Siak Peduli. Selain program tersebut, Baznas Siak juga melaksanakan program Siak Cerdas, Siak Terang dan Siak Religi. 

"Untuk Siak Cerdas kita telah memberikan berbagai bentuk beasiswa kepada para pelajar dan mahasiswa yang orang tua mereka kurang mampu dan termasuk kedalam kategori Asnaf Fii Sabilillah" jelasnya. 

Sementara untuk Siak Terang, kata Dadang program ini merupakan bantuan pembiayaan pemasangan instalasi dan meteran listrik kepada para mustahik yang belum mampu menikmati aliran listrik" sebutnya. 

Sedangkan untuk program religi, Dadang menjelaskan Baznas Siak  telah menyiapkan dana untuk membiayai para Dai seperti Dai mukim.

"Termasuk juga membiayai da'i yang berdakwah di pelosok untuk mendidik dan mengajarkan pengetahuan agama kepada masyarakat, terutama masyarakat yang rawan aqidah" tutupnya.
  BacaJuga
  • Membuat Bazar dan Pelatihan, Pemkab Siak Terus Peduli Terhadap UMKM

    Selasa, 09 Apr 2019 08:59

    Liputanriau.com,SIAK-Pemkab siak terus peduli terhadap UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Pemerintdah daerah menilai UMKM merupakan salah satu hal terpenting guna memajukan perekonomian terutam

  • Baznas Siak Segera Salurkan Dana Zakat 1,5 Miliar

    Rabu, 13 Mar 2019 10:52

    Liputanriau.com, SIAK-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)  Kabupaten Siak dalam waktu dekat akan menyalurkan Zakat Tahap I Tahun 2019, dengan jumlah dana mencapai Rp 1.565.304.855. Dana zakat ters

  • Baznas Kabupaten Siak Salurkan Bantuan RLH di Kecamatan Kandis

    Rabu, 23 Jan 2019 19:26

    Liputanriau.com,SIAK- Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi menyerahkan secara simbolis bantuan Rumah Layak Huni (RLH) yang disalurkan  BAZNAS Kabupaten Siak, kepada pasangan Rudin dengan Roja warga kel

  • Luhut Kagumi Kota Siak bersih dan Tanah Subur

    Rabu, 16 Jan 2019 18:17

    Liputanriau.com,SIAK-Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) RI, Luhut Binsar Panjaitan saat melakukan panen raya padi dan peresmian pengelolaan unit air baku jaringan irigasi Siak kiri

  • Etape I di Tour de Siak 2018 Dikuasai Pebalap Sepeda Asal New Zealand

    Rabu, 19 Sep 2018 10:28

    Liputanriau.com, Siak - Pebalap Sepeda New Zealand Mathew Zenovich dari Tim St. George Continental Cycling Team, menguasai etape pertama Tour de Siak 2018, Selasa (18/9/2018). Mathew Zennovich Fi

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.