Gubernur Riau Andi Rachman Resmi Menyandang Gelar Datuk Seri Setia Amanah

Rabu, 15 Mar 2017 15:18
Dibaca: 113 kali
BAGIKAN:
PEKANBARU - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman resmi menyandang gelar Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Melayu (LAM) Riau setelah melalui proses penabalan oleh Ketua Majlis Kerapatan Adat (MKA) OK Nizami Jamil.

Penabalan ini juga disaksikan oleh Ketua DPRD Riau Septina Primawati, Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau Al Azhar, para bupati walikota se Riau, Konsulat Malaysia Hardi Hamdin, Sultan Pelalawan Tengku Kamarudin Haroen, pewaris kerajaan Indragiri H Maizir Mit serta berbagai undangan lainnya. Penetapan gelar ini didasari atas Surat Keputusan (SK) nomor 12-LAM Riau/III/2017. Proses penabalan sendiri diawali dengan pelepasan peci untuk dipasangkan tanjak oleh Ketua MKA OK Nizami Jamil.

Kemudian diikuti dengan pemasangan keris oleh Ketua DPH Al Azhar yang kemudian dilanjutkan dengan pemasangan selempang, sebagai tanda kebesaran adat dari Melayu Riau itu sendiri. Proses ini berjalan hidmad serta kental dengan nuansa adat Melayu.

Sebelumnya, Andi Rachman didampingi istrinya Sisilita terlebih dahulu diarak layaknya penagantin dimeriahkan kompang oleh ratusan masyarakat adat sebelum memasuki Balai LAM Riau. Kehadiran orang nomor satu di Riau itu disambut langsung dengan silat. ***(rtc)
  komentar Pembaca
Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.