Seorang Warga di Baganbatu Rohil Menderita Tumor Otak, Perlu Bantuan

Oleh: Samsul
Sabtu, 18 Mar 2017 06:37
Dibaca: 42 kali
BAGIKAN:
Samsul
BAGANBATU - Postingan di media sosial Facebook tentang seorang pria bernama Amat Rujak (34) mengidap Tumor Otak dalam keadaan memprihatinkan, keluarga besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kabupaten Rokan Hilir (Rohil) langsung menuju ke rumah yang bersangkutan di Dusun Sejahtera, Kepenghuluan Bagan Batu, kecamatan Bagan Sinembah, Kamis malam (16/3/2017).

Ketua IDI Rohil dr Suratmin langsung menuju ke Baganbatu dan sekira pukul 22.00 wib sampai di lokasi rumah korban. "Intinya, IDI Rohil berkoordinasi dengan Puskesmas Baganbatu," kata Suratmin.

Yang menjadi kendala, awalnya pihak keluarga sepertinya enggan Amat dirawat ke Puskesmas maupun ke RSUD Pratomo Bagan Siapiapi. Tentu saja hal itu membuat pihak dokter menjadi bingung. Bahkan BPJS-nya tidak aktif pun menjadi alasan.

Namun demikian, dr Suratmin juga memberikan bantuan dana untuk membayar BPJS Amat yang sudah menunggak. "Kalau dibiarkan begini terus, kasihan bapaknya bu," kata Suratmin kepada istrinya Amat, Sri (43).

Untuk itu, ia terus berupaya membujuk istri Amat dan keluarganya agar Amat segera dirawat. "Kalau sudah di Rumah Sakit, nanti ibu rembuk dulu dengan keluarga, setuju atau tidak untuk dioperasi, yang penting bapak dirawat," ujar Suratmin lagi.

Menurut Suratmin, jika pihak keluarga enggan Amat dirawat di Rumah Sakit, pandangan orang lain terhadap pihak medis terlebih kepada dokter dibawah IDI Rohil akan negatif. "Padahal yang enggan dirawat itu pihak keluarga," kata Suratmin yang baru-baru ini terpilih sebagai ketua ICMI Rohil.

Istri Amat, Sri (43) di hadapan para dokter beralasan bahwa pihak keluarga dari suaminya, sebenarnya tidak ingin saudara Amat dioperasi. Alasannya, kata Sri, pihak keluarga dari suaminya untuk dibawa ke pengobatan alternatif saja. "Karena menurut keluarga suami saya, sakit suami saya bukan medis. Kami takutnya nanti disalahkan," jelas Sri kepada dokter.

Sri sendiri menuturkan, awal mulanya Amat mengidap Tumor Otak sekitar pertengahan bulan September tahun 2016 lalu. Merasa sakit suaminya bukan sakit biasa, pada bulan November Amat dibawa ke RSUD Rantau Prapat, Kabupaten Labuhan Batu dan dinyatakan positif Tumor Otak.

Selain karena ketiadaan biaya, pihak keluarga dari suaminya yang enggan Amat dioperasi hingga akhirnya Sri hanya merawat sendiri di rumahnya. Namun, pada malam itu juga, pihak keluarga bersedia agar Amat dibawa ke RSUD Pratomo untuk mendapatkan perawatan medis yang dinisiasi ketua IDI Rohil, dr Suratmin.
Editor: Riki

Sumber: Liputanriau.com

  BacaJuga
  • Hukum Berbaring di Masjid dengan Posisi Kaki Selonjor ke Kiblat

    Sabtu, 01 Apr 2017 07:19

    LIPUTANRIAU.COM - Hukum menyelonjorkan kaki atau tidur mengarah ke kiblat adalah boleh. Dengan catatan, selama ka'bah tidak kelihatan. Dalam Fatawa Syabakah Islamiyah dinyatakan:Tidur di kas

  • Dana Kurang, Masjid Al-Aziim Batu Ampar Kerinci Terbengkalai

    Jumat, 31 Mar 2017 18:07

    LIPUTANRIAU.COM, KERINCI KOTA - Pembangunan Masjid Al-Aziim yang beralamat di Jalan Batu Ampar RT 03 RW 05 di Kelurahan Kerinci Kota, Kecamatan Pangkalan Kerinci Kota, Kabupaten Pelalawan masih

  • Tujuh Tempat Wisata Bersejarah di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

    Selasa, 27 Sep 2016 18:06

    Sebagai Ibukota Provinsi Riau, Budaya Melayu sangat kental di Pekanbaru. Di sepanjang jalan, Anda bisa melihat banyak perempuan memakai baju kurung sepanjang lutut khas Melayu. Kota ini juga dikenal s

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.