Untuk Pelamar CPNS Jalur Umum, Penting Baca Ini

Senin, 22 Agu 2016 20:46
Dibaca: 168 kali
BAGIKAN:

PASIRPANGARAIAN - Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau lebih dikenal calon Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah sangat ditunggu-tunggu banyak orang, termasuk masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Sayangnya, penerimaan CPNS 2016 di Kabupaten Rohul belum dibuka untuk pelamar umum, dan belum ada kepastian. Sebelum belum ada surat keputusan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Rohul, Fajar Sidqy, mengakui sampai hari ini, belum ada dasar hukum atau surat keputusan dari Menpan RB untuk dilakukan penerimaan CPNS untuk pelamar umum di daerahnya.

"Kita masih menunggu kebijakan lebih lanjut dari Menpan RB," ujar Kepala BKD Rohul, Fajar Sidqy, Senin (22/8/2016).

Fajar mengungkapkan sesuai Surat Keputusan Menpan RB Nomor B/2631/M.PAN-RB/07/7/2016, tanggal 25 Juli 2016, mengenai pengadaan ASN 2016, saat ini pemerintah pusat sangat membatasi penerimaan ASN dari pelamar umum, terkecuali untuk pengangkatan dokter umum, dokter gigi, dan bidan PTT (Pegawai Tidak Tetap) Kementerian Kesehatan.

Selain itu, pengangkatan guru garis depan (GGD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta tenaga harian lepas (THL)-Tenaga Bantu (TB) Penyuluhan.

"Pengangkatan dilakukan setelah lulus seleksi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Setelah lulus baru diangkat jadi PNS," kata Fajar.

Pada surat keputusan Menpan RB, pemerintah pusat intruksikan pemerintah provinsi dan pemerintah daerah segera melaksanakan Redistribusi pegawai, baik secara internal dan antara instasi.

Fajar mengungkapkan untuk di Rohul, jumlah dokter umum, dokter gigi, dan Bidan PTT Kemenkes yang akan mengikuti seleksi pengangkatan tahun ini sekira 166 orang.

Untuk pengangkatan GGD dan THL-TB Penyuluhanâ€, sambung Fajar, BKD Rohul sendiri masih berkoordinasi dengan instansi terkait, berapa jumlah orang yang akan mengikuti seleksi ini.

Fajar menegaskan bagi siapa saja yang mengaku bisa loloskan jadi PNS atau honorer itu tidak benar. Sebab, sesuai SK Menpan RB, untuk CPNS dari jalur umum untuk sementara ditiadakan.

Diakuinya, sudah banyak laporan yang masuk ke dirinya soal oknum mencatut atau mengatasnamakan BKD Rohul yang menyebutkan adanya penerimaan atau pengangkatan PNS.

"Jangan dipercaya, kalau mau informasi jelas datang saja ke kantor BKD (Rohul)," imbaunya.

Fajar mengungkapkan banyak modus dilakukan oknum tidak bertanggung jawab soal penerimaan CPNS, mulai menelepon calon korban mencatut nama BKD, sampai datang ke calon korban dengan mengakui orang suruhan BKD, bahkan mengaku mendapat mandat dari BKD.

Ia meminta modus-modus seperti ini tidak dipercaya oleh masyarakat, karena hanya modus penipuan. Masyarakat dimintanya berhati-hati bila ada oknum yang meng-iming-imingi bisa lolos CPNS.

"Jelasnya, kalau ada penererimaan CPNS sudah pasti akan diumumkan, dan punya dasar hukum dari Menpan RB. Dari itu masyarakat harus berhati-hati dengan banyaknya modus penipuan," tegas Fajar. (*)

  BacaJuga
  • Pria Berkulit Putih Lebih Cepat Botak dan Sakit

    Selasa, 28 Mar 2017 15:32

    LIPUTANRIAU.COM, JAKARTA - Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa pria berkulit putih cenderung lebih cepat botak dan sakit. Kondisi ini umumnya terjadi pada mereka, para pria dengan badan pendek

  • Seorang Warga di Baganbatu Rohil Menderita Tumor Otak, Perlu Bantuan

    Sabtu, 18 Mar 2017 06:37

    BAGANBATU - Postingan di media sosial Facebook tentang seorang pria bernama Amat Rujak (34) mengidap Tumor Otak dalam keadaan memprihatinkan, keluarga besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kabupaten Rok

  • RS Petala Bumi Pekanbaru Keluarkan Surat Edaran Larangan Pungli

    Sabtu, 11 Mar 2017 15:07

    LIPUTANRIAU.COM, PEKANBARU - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Petala Bumi Provinsi Riau keluarkan surat edaran yang ditujukan kepada seluruh jajaran di rumah sakit berplat merah tersebut untuk tidak mel

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.