220 Pos PIN Polio Disiapkan Dinkes Dumai

    Minggu, 06 Mar 2016 00:00
    Dibaca: 106 kali
    BAGIKAN:
    LIPUTANRIAU.COM, DUMAI - Sebanyak 220 pos Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio disiapakan Dinas Kesehatan Kota Dumai untuk melayani 35.555 anak usia lima tahun ke bawah yang menjadi target sasaran Pemerintah dalam kegiatan yang akan dilangsungkan pada 8-15 Maret 2016.

    "Sasaran PIN Polio ini tercatat sebanyak 35.555 anak usia lima tahun ke bawah dan pencanangan serentak dipusatkan di Kelurahan Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Dumai Paisal melalui Kabid Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Dumai Romauli.

    Ia menyebutkan 220 pos PIN Polio akan disebar di 33 kelurahan yang ada di 7 Kecamatan se Kota Dumai dengan melibatkan ratusan petugas medis dan kader posyandu.

    Posko PIN Polio sebagai kegiatan imunisasi tambahan itu, kata dia, akan dibuka di banyak tempat selain di posyandu dan puskesmas, yaitu terminal, pasar, bandar udara, dan lokasi keramaian lainnya.

    Pelaksanaan PIN Polio sudah diumumkan ke masyarakat melalui informasi media massa dan pemerintah kecamatan dan kelurahan agar para orang tua membawa putra dan putri usia nol hingga 59 bulan ke posko terdekat.

    Rincian target sasaran PIN Polio, diantaranya, untuk Kecamatan Dumai Timur sebanyak 9.361 anak, Dumai Kota 7.003 anak, Sungai Sembilan 4.957 anak, Bukit Kapur 4.838 anak, Dumai Barat 4.434 anak, Dumai Selatan 3.475 ana, dan Medang Kampai 1.487 anak.

    Ia menjelaskan pemberian vaksin polio melalui tetes ke mulut itu berlaku bagi semua anak lima tahun ke bawah, tidak terkecuali anak yang sebelumnya sudah rutin dan lengkap diberi imunisasi polio oleh orang tua.

    Pemberian vaksin imunisasi polio akan dilakukan langsung oleh petugas puskesmas dan kader posyandu dengan membuka pelayanan disesuaikan dengan kondisi masyarakat sekitar.

    "Kegiatan imunisasi Polio serentak nasional ini bertujuan mencegah penyakit yang bisa menyebabkan kematian atau cacat permanen, dan mencapai target Indonesia bebas dari polio pada 2020," sebutnya.

    Terakhir ditambahkan Romauli, untuk mensukseskan program PIN Polio secara Nasional di Kota Dumai, pihaknya sudah melakukan berbagai kesiapan, salah satunya yakni dengan berkoordinasi ke seluruh aparatur pemerintah hingga ke RT.

      komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.