Dana Tamsil Pusat 2015 bagi Guru Inhu Hanya untuk 11 Bulan

    Selasa, 01 Mar 2016 00:00
    Dibaca: 128 kali
    BAGIKAN:
    Liputanriau-RENGAT-Dana Tambahan Penghasilan (Tamsil) atau yang lebih dikenal dengan istilah tunjangan SBY untuk guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD), di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) ‎yang berasal dari APBN untuk tahun 2015, hanya untuk 11 bulan.

    Dibayarkanya dana Tamsil PNSD Inhu 2015 hanya untuk 11 bulan ini disampaikan Kasubag Keuangan dinas pendidikan (Disdik) Inhu Hery Satria, Rabu (‎10/2/16) menyikapi adanya keluhan para guru yang mengaku hanya menerima lima bulan dari enam bulan yang belum dibayarkan pada Desember lalu.

    "Dana Tamsil atau yang dikalangan guru lebih dikenal dengan tunjangan SBY pada 2015 yang dikirim pusat, memang dibayarkan hanya 11 bulan. Karena dana yang dikirim pusat itu hanya cukup untuk 11 bulan, jadi tidak ada yang namanya dipotong atau hilang sebulan," ujarnya.

    Menurut Hery Satria pihaknya tidak mengetahui kenapa pemerintah pusat hanya mengirimkan dana Tamsil PNSD hanya cukup untuk 11 bulan, padahal data seribuan lebih guru PNSD Inhu yang berhak menerima dana tersebut, secara rutin dikirim ke pusat.

    "Saya kurang tahu kenapa hanya 11 bulan dengan total Rp.2,1 miliar dana Tamail PNSD Inhu yang dikirim pusat, padahal datanya lengkap pertriwulan dikirim kepusat. Sementara untuk kurang bayar yang satu bulan lagi kapan akan dibayarkan Disdik Inhu belum mendapat informasi lebih lanjut, namun sesegera mungkin ini dikoordinasikan dengan pusat," ungkapnya.‎

    Penyaluran dana Tamsil PNSD yang setiap bulannya diterima para guru sebesar Rp.250 ribu ini dilakukan dengan cara di transfer melalui UPTD Kecamatan dan diambil langsung oleh bendahara masing-masing sekolah. ‎Selain itu dana Tamsil PNSD ini hanya diterima oleh guru yang tidak mendapat dana sertifikasi.

    "Dana Tamsil PNSD untuk guru SD itu pendistribusiannya melalui UPTD Kecamatan, sementara yang untuk guru SMP dan SMA serta SMK disalurkan melalui bendahara masing-masing sekolah. Sementara dana Tamsil PNSD untuk tahun 2016 yang dikirim pemerintah pusat hanya sebesar Rp.200 jutaan," jelasnya. *** (rtc)
      komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.