Gelar Musrenbangdes, Koto Kombu Fokus Ingin Bangun Infrastruktur dan Ekonomi

    Sabtu, 06 Feb 2016 00:00
    Dibaca: 100 kali
    BAGIKAN:
    Liputanriau-TELUK KUANTAN- Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan Desa Koto Kombu, Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuansing, Sabtu (6/2/16) siang, fokus pada peningkatan ekonomi produktif dan pembangunan infrastruktur desa.

    Berdasarkan sejumlah usulan yang disampaikan oleh masyarakat Desa Koto Kombu disimpulkan menjadi empat item. Namun yang paling fokus, masyarakat lebih menginginkan peningkatan ekonomi dan pembangunan infrastruktur jalan desa.

    Pembangunan infrastruktur itu meliputi, pembangunan jalan-jalan utama desa, pembangunan jalan produksi dan tempat Mandi Cuci Kakus (MCK). Selanjutnya, masyarakat juga mengusulkan pembangunan Pos Kampling dan gapura desa.

    Bidang pendidikan, masyarakat mengusulkan pembangunan perpustakaan desa dan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Sementara untuk pembangunan perekonomian, masyarakat mengusulkan beragam pembinaan untuk keterampilan demi terciptanya keahlian untuk usaha ekonomi kreatif.

    "Bidang ekonomi nampaknya yang perlu ditingkatkan," ujar Kades Koto Kombu Firdaus saat memimpin Musrenbang tadi siang.

    Berdasarkan kesepakatan saat Musrembang, masyarakat akan membuat kelompok usaha ekonomi kreatif. Bidang usaha yang akan dilakukan oleh masyarakat setempat terdiri dari bidang industri rumahan, pertanian dan peternakan.

    "Jadi nanti masyarakat ini akan mengelola usahanya secara berkelompok-kelompok supaya mereka sama-sama berusaha dan sama-sama pula menikmati," papar Firdaus.

    Sementara itu salah seorang masyarakat setempat Agus sangat menyambut baik dengan pola ekonomi seperti itu. Agus berharap, dengan terbentuknya nanti usaha kelompok tersebut sangat membantu beban ekonomi masyarakat yang selama ini kian mencekik. Selain Agus, salah seorang masyarakat, Eva juga menyambut baik rencana tersebut.

    Namun Eva berharap, supaya rencana tersebut bisa berjalan dan disokong oleh pemerintahan Kabupaten hingga pemerintahan provinsi dan pusat. Sebab kata Eva, untuk mewujudkan industri rumahan, pertanian dan perikanan itu tidak terlepas dari biaya yang cukup signifikan.

    "Kami mohon bantuan peralatan pendukung dari pemerintah, supaya ekonomi kreatif ini bisa berjalan mulus," tutup Eva.

    Musrembangdes tadi siang diikuti oleh segenap masyarakat Koto Kombu serta seluruh perangkat desa. Musrembangdes berjalan alot, sebab begitu banyak masyarakat yang menyampaikan usulan terkait kemajuan pembangunan desa tersebut.***(rtc)

    Teks foto: Masyarakat beserta perangkat desa Berpoto bersama usai melaksanakan Musrembangdes tadi siang.
      komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.