Meski Puasa, Personel Koramil 02 Rambah di Rohul Semangat Bangun Jamban Warga

    Jumat, 17 Jun 2016 00:00
    Dibaca: 212 kali
    BAGIKAN:
    PASIRPANGARAIAN- Meski tengah melaksanakan puasa Ramadhan, personil TNI dari Koramil 02 Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tetap semangat membantu bangun jamban lengkap dengan septic tank untuk warga di wilayah teritorial Kodim 0313 KPR.

    Bakti Sosial pembuatan jamban, Kamis (16/6/16), dilaksanakan personil Koramil 02 Rambah di rumah Mara Sakti (29), di RT 05/ RW 03 Pawan Desa Rambah Tengah Hulu, Kecamatan Rambah.

    Danramil 02 Rambah, Kapten Inf Alza Septendi, mengatakan membantu warga bangun jamban merupakan program komando. Sasaran program ini adalah warga kurang mampu dan belum punya jamban di rumahnya.

    Menurutnya, Militer ingin berikan yang terbaik bagi masyarakat walau saat ini dalam suasana bulan suci Ramadhan. Termasuk mendukung program kesehatan masyarakat.

    "Ini juga untuk mendukung tingkat kesehatan masyarakat agar mereka tidak terserang penyakit, seperti diare, typhus, muntaber, disentri, cacingan, gatal-gatal, dan penyakit lainnya," jelas Kapten Inf Alza, Kamis.

    Pembuatan jamban warga di Pawan dibantu oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serka Yendri, setelah sebelumnya melakukan pendataan.

    Serka Yendri mengaku mengetahui Mara Sakti tidak punya jamban setelah ia melihat dan meninjau lansung ke rumahnya. Mengetahui warga ini tak punya jamban, ia melapor ke Danramil 02 Rambah diteruskan ke Staff Koramil 02 Rambah Kopda Dedy Nofery Samosir.

    Mara Sakti mengaku senang sudah punya jamban yang dibangun oleh personil Koramil 02 Rambah. Keluarganya merasa bahagia dengan jamban baru tersebut.

    "Kami sekeluarga sangat berterima kasih kepada bapak-bapak TNI. Sekarang kami sudah punya jamban baru untuk keluarga kami," sampai Mara.

    Mara mengakui sudah enam tahun berkeluarga, namun belum punya jamban. Ia tak sanggup bangun jamban, karena ekonominya pas-pasan.

    Sebelum dibangunkan jamban, keluarganya pakai jamban darurat, seperti buang air besar ke sungai. "Ya bagaimana lagi, ini semua karena faktor ekonomi," terang Mara.

    Sebelumnya, personil TNI dari Koramil 02 Rambah juga membangun jamban di rumah Sugeng, di Desa Karya Mulya, Kecamatan Rambah Samo. Sugeng juga tak sanggup bangun jamban, karena ekonominya pas-pasan.***(rtc)
      komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.