Persiapkan Pameran 316 Jenis Makanan Sagu, Pemkab Meranti Incar Rekor MURI

    Jumat, 17 Jun 2016 00:00
    Dibaca: 131 kali
    BAGIKAN:
    SELATPANJANG - Kabupaten Kepulauan Meranti termasuk penghasil sagu terbesar di indonesia.Oleh Karena itu,Pemerintah Provinsi Riau menjadikan tuan rumah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk pameran makanan aneka ragam sagu yang bekerja sama dengan APJI.

    Untuk mengenalkan makanan sagu Meranti ke mancanegara,Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti telah membuat persiapan dan sekaligus uji coba masakan berbahan sagu sebanyak 350 jenis masakan sagu ini nantinya Pekanbaru tanggal 25 oktober 2016 dan di Kyoto,Jepang bulan desember nantinya, dalam rangka menyongsong pemecahan rekor MURI untuk pasar dunia,acara berlangsung di RSUD Kabupaten Meranti Jalan Dorak,Selatpanjang,sabtu kemarin.

    Bupati Irwan dalam hal ini di wakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir Anwar Zainal mengatakan, sagu ini sebenarnya sudah di kenal luas tetapi masakan dari sagu belum familiar di mata masyarakat seluruh Indonesia dan sagu ini sebenarnya mengandung karbohidrat tinggi dan gizi.

    “Nah,justru itu,dari inilah kita di percayakan oleh Pemprov Riau untuk mengenalkan makanan sagu untuk pasar dunia dengan bekerja sama Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) Pusat maupun APJI Riau dan APJI Kepulauan Meranti nantinya yang mendongkrak kuliner masakan sagu ini untuk di kenalkan sampai ke mancanegara,”ungkap Anwar Zainal.

    Mantan Kadis PU ini juga menambahkan,untuk mengenalkan sagu Meranti ini kita ambil langkah untuk mempromosikannya dengan lebih gencar lagi dengan menggelar pameran 350 jenis makanan yang berbahan sagu. Kita juga berkeinginan untuk mempatenkan menu makanan sagu tersebut sebagai menu makanan khas Meranti.

    “Banyak menu makanan dari sagu yang tak kalah unggulnya dengan makanan kota lainnya. Salah satu menu yang di tampilkan pada pameran persiapan pemecahan rekor MURI nantinya yakni sempolit sagu,cendol sagu, pizza sagu, burger sagu, sop sagu,piek sagu dan masih banyak menu makanan yang enak lainnya. Ini harus kita promosikan untuk mengingat Kabupaten Meranti juga di juluki sebagai kota sagu,” katanya lagi.

    Sementara itu,ketua panitia, Sekretaris Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Meranti, Sihana mengatakan pameran dalam rangka aneka makanan dari sagu ini untuk kita persiapkan dalam rangka menyongsong pemecahan rekor MURI yang di selenggarakan di Kantor Gubernur pada Oktober mendatang dan di Kyoto,Jepang bulan desember nantinya.

    "Total menu yang di tampilkan ada 302 jenis makanan dan ada 14 lagi penambahan dari tim PKK Kecamatan Merbau jadi jumlah makanan sagu hari ini 316 jenis makanan berbahan sagu untuk persiapan dan uji coba pameran di Kabupaten Meranti,”kata Sihana.

    Dan dia juga menjelaskan, target kita ada 350 jenis makanan sagu yang akan kita tampilkan pada pemecahan rekor MURI pada oktober mendatang dan semoga Kabupaten Meranti bisa memperolehnya. Yang paling penting pada pameran ini masih murni masakannya masih original belum ada sentuhan kimiawi dan sentuhan teknologi lagi, jelasnya dengan singkat.

    Sekedar Informasi,pada acara tersebut tampak hadir Ketua MUI Kabupaten Meranti Mustapa, Kapolsek Tebing Tinggi AKP Ade Rukmayadi,Kadis Pasar dan Kebersihan Joko Surianto,Sekretaris DPRD Nuriman,Kadis Perikanan dan Kelautan Askandar,Kepala Badan P2TP2A Syarifah Zumah,Kabag Humas Ery Syhairi,Kabag Kesra Rosdaner, Kabag Ekonomi Agusyanto,Camat se Kabupaten Meranti dan para undangan lainnya*.(rtc)
      komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.