• Home
  • Teknologi
  • Aksi Pria 22 Tahun Ini Berhasil Atasi Ransomware WannaCry

Aksi Pria 22 Tahun Ini Berhasil Atasi Ransomware WannaCry

Senin, 15 Mei 2017 12:45
Dibaca: 70 kali
BAGIKAN:

Liputanriau.com, Inggris - Ransomware WannaCry yang telah menggegerkan dunia akhir pekan lalu dilaporkan telah berhasil diatasi. Adalah pria berumur 22 tahun asal Inggris  mengaku berhasil melakukannya.

Dikutip dari Business Insider, Senin (15/5/2017), pria yang memperkenalkan diri sebagai MalwareTech ini pun sempat mengungkapkan aksinya tersebut melalui akun @malwaretechblog dengan dibantu Darien Huss dari perusahaan keamanan Proofpoint.

Pria yang bekerja untuk Kryptos Logic, perusahaan keamanan asal Amerika Serikat ini, menuturkan cara untuk mengatasi ransomware WannaCry tersebut adalah dengan mendaftarkan domain yang digunakan untuk menyebarkannya.

"Saya menemukan beberapa malware terhubung dengan domain yang spesifik, tapi tak didaftarkan," tuturnya. Dengan mendaftarkannya, domain tersebut menjadi hidup dan penyebaran malware pun ternyata terhenti.

Adapun harga dari satu domain adalah US$ 10.69 atau sekitar Rp 142 ribuan. Setelah diketahui solusinya, dengan segera ada ribuan koneksi yang langsung mendaftar setiap detiknya.

MalwareTech sendiri menyebut alasan berani membeli domain-domain tersebut. Ia menuturkan perusahaan tempatnya bekerja melacak botnet, sehingga pendaftaran domain semacam ini mampu memberikan gambaran untuk mengetahui bagaimana caranya botnet menyebar.

MalwareTech juga memilih untuk tetap menjaga identitasnya. Menurutnya, tak masuk akal untuk membeberkan informasi pribadinya saat ini, terlebih ia kini tengah bekerja melawan penjahat yang jelas tak suka dengan aksinya tersebut.

Tak hanya itu, ia juga berencana mengumpulkan sejumlah IP dan mengirimkannya ke penegak hukum sehingga mereka dapat memberi tahu korban yang telah terinfeksi. Terutama, korban yang belum mengetahui bahwa mereka menjadi sasaran malware tersebut.

Kendati telah berhasil, ia menuturkan serangan semacam ini belum selesai. Penyerang akan mengetahui cara yang dilakukan untuk menghentikan aksinya dan membuat kode baru untuk melakukan serangan serupa.

"Karena itu, selalu aktifkan Windows update. Setelahnya lakukan pembaruan dan reboot," ujarnya. Untuk informasi, serangan WannaCry dilaporkan telah berhasil menjangkiti 99 Negara, termasuk Indonesia.

Editor: Bobby Satia

Sumber: Liputan6.com

  BacaJuga
  • Hari Ini Polisi akan Koordinasi dengan KPK Bahas Novel

    Senin, 19 Jun 2017 13:55

    Liputanriau.com, Jakarta - Polisi akan melakukan koordinasi dengan KPK, Senin (19/6). Mereka akan membahas terkait penyiraman air keras kepada penyidik senior KPK Novel Baswedan.Kapolri Jenderal Tito

  • Reaksi Polisi soal Pertemuan Rizieq dengan Amien Rais dan PKS

    Jumat, 16 Jun 2017 15:47

    Liputanriau.com, Jakarta - Pemimpin FPI Rizieq Shihab bertemu dengan sejumlah politisi, seperti mantan Ketua Umum PAN Amien Rais, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri, dan anggota DPR dari PKS

  • Polda Metro Jaya Susun Strategi Lain untuk Tangkap Rizieq

    Rabu, 14 Jun 2017 16:08

    Liputanriau.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Meteropolitan Jakarta Raya menyiapkan strategi lain untuk menangkap buronan kasus pornografi Rizieq Shihab. Rizieq terakhir diketahui berada di Arab Saudi.

  • Komnas HAM Minta Hentikan Kasus Ulama, Polisi: Kami Profesional

    Sabtu, 10 Jun 2017 13:48

    Liputanriau.com, Jakarta - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolsian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono menanggapi santai permintaan penghentian sejumlah kasus yang melibatk

  • Aksi Bela Ulama Tetap Digelar, Polisi: Asal Jangan Keluar Masjid

    Jumat, 09 Jun 2017 14:38

    Liputanriau.com, Jakarta - Peserta Aksi Bela Ulama terus berdatangan ke Masjid Istiqlal menjelang salat Jumat. Mereka tidak mempedulikan imbauan Kapolda Metro Jaya yang meminta agar aksi dibatalkan. "

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.