• Home
  • Teknologi
  • Awas! Kode Konfirmasi Facebook Bisa Dipakai untuk Modus Penipuan

Awas! Kode Konfirmasi Facebook Bisa Dipakai untuk Modus Penipuan

Minggu, 16 Apr 2017 14:09
Dibaca: 73 kali
BAGIKAN:
Ilustrasi: Hacker

Liputanriau.com, Jakarta - Ancaman peretasan (hack) lewat akun pengguna Facebook kian membuat resah. Salah satu metode yang paling sering digunakan adalah memanfaatkan kode konfirmasi via SMS untuk memiliki akun korban dan melakukan modus penipuan.

Bahayanya lagi, akun korban yang sudah diretas bisa disalahgunakan dan mencari korban-korban lain untuk ditipu. Nahasnya, insiden tersebut dialami oleh salah seorang pengguna Facebook bernama Indri Widiyanti belum lama ini.

Suami dari Indri, Achmad Ibo, mengatakan insiden bermula saat seorang temannya menghubungi via Facebook Messenger pada Sabtu (14/4/2017) pukul 11.10 WIB.

Secara tiba-tiba, temannya menanyakan kode konfirmasi via SMS. Tanpa diselimuti rasa curiga, Indri yang ternyata juga baru menerima SMS berisikan kode konfirmasi langsung memberikannya.

"Istri saya memang tidak tahu jika ini adalah cara hacker untuk mengubah password," kata Ibo ketika dihubungi via telepon, Sabtu (15/4/2017).

Sesaat setelahnya, Indri tidak dapat mengakses (log in) akun Facebook-nya. Usut punya usut, akun teman yang meminta kode konfirmasi itu ternyata juga telah diretas.

"Saya tanyakan ke teman-teman Indri, ternyata sudah ada korban. Ada 3 temannya yang dimintai tolong untuk mentransfer uang," lanjut Ibo.

Ibo mengaku, saat ini dirinya telah melaporkan hal tersebut ke Facebook dan kantor polisi. Ia juga telah menyimpan bukti transfer korban ke rekening pelaku.

"Sudah di-report dan menunggu tindakan selanjutnya dari Facebook. Semoga ini jadi pembelajaran supaya jangan memberikan kode konfirmasi, atau apapun itu secara sembarangan ke orang lain," pungkas Ibo.

Sumber: Liputan6.com

  BacaJuga
  • Polisi akan Gali Motif Istri Jenderal Tampar Petugas Bandara

    Jumat, 07 Jul 2017 16:25

    Liputanriau.com, Jakarta - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengatakan penyidik akan menggali motif dari istri jenderal di Polri, Joice Onsay Marouw

  • Hari Ini Polisi akan Koordinasi dengan KPK Bahas Novel

    Senin, 19 Jun 2017 13:55

    Liputanriau.com, Jakarta - Polisi akan melakukan koordinasi dengan KPK, Senin (19/6). Mereka akan membahas terkait penyiraman air keras kepada penyidik senior KPK Novel Baswedan.Kapolri Jenderal Tito

  • Reaksi Polisi soal Pertemuan Rizieq dengan Amien Rais dan PKS

    Jumat, 16 Jun 2017 15:47

    Liputanriau.com, Jakarta - Pemimpin FPI Rizieq Shihab bertemu dengan sejumlah politisi, seperti mantan Ketua Umum PAN Amien Rais, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri, dan anggota DPR dari PKS

  • Polda Metro Jaya Susun Strategi Lain untuk Tangkap Rizieq

    Rabu, 14 Jun 2017 16:08

    Liputanriau.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Meteropolitan Jakarta Raya menyiapkan strategi lain untuk menangkap buronan kasus pornografi Rizieq Shihab. Rizieq terakhir diketahui berada di Arab Saudi.

  • Komnas HAM Minta Hentikan Kasus Ulama, Polisi: Kami Profesional

    Sabtu, 10 Jun 2017 13:48

    Liputanriau.com, Jakarta - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolsian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono menanggapi santai permintaan penghentian sejumlah kasus yang melibatk

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.