NASA Bangun Gerbang Ruang Angkasa Menuju Mars

Sabtu, 13 Mei 2017 12:55
Dibaca: 71 kali
BAGIKAN:
Liputanriau.com, Washington - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berencana membangun sebuah stasiun ruang angkasa kecil yang mengorbit ke bulan di ruang yang dikenal sebagai cislunar. Seperti dikutip dari laman berita CNET, stasiun ini nantinya akan berfungsi sebagai "gerbang untuk pergi ke Mars". Cislunar adalah daerah di sekitar bulan.

"Atau simpul transit transportasi bagi kita di ruang cislunar sebelum masuk ke Mars," kata Greg Williams, perwakilan dari NASA, dalam Konferensi Perjalanan Manusia ke Mars di Washington D.C, Selasa lalu. NASA menyebut gerbang ini dengan nama Deep Space Gateway.

Gerbang di Cislunar, kata Williams, juga salah satu cara untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat bahwa NASA bisa melakukan operasi ruang angkasa. Nantinya, gerbang akan terhubung dengan pesawat antariksa Orion dan mampu menampung empat awak kapal selama satu bulan sekaligus.

Williams mengatakan, serangkaian peluncuran akan dibutuhkan dari tahun depan hingga 2026 untuk membangun gerbang ini. Begitu gerbang selesai, maka akan jadi area pamer kekuatan untuk membawa manusia lebih jauh menjelajah ke ruang angkasa.

Deep Space Gateway akan dibekali dengan sebuah modul yang menjadi tempat tinggal para astronot selama berada di orbit bulan. Ini adalah akhir dari fase pertama. "Dengan gerban ini kami akan memiliki cukup infrastruktur untuk ekspedisi 1.000 hari pertama di Mars," ujar Williams.

Selain itu, seperti dikutip dari laman Tech Times, NASA juga akan membangun sebuah kendaraan antariksa bernama "Deep Space Transport" (DST). Pesawat bisa digunakan berulang kali dan akan digunakan untuk membawa para astronot ke Mars, serta memulangkan mereka kembali ke "Gerbang".

Itulah sederet rencana NASA untuk mendaratkan manusia pertama ke Mars pada 2033. Williams mengatakan, NASA bisa bekerja sama dengan mitra komersial swasta dan internasional dalam pembangunan Deep Space Gateway atau Gerbang menuju Mars ini. 
Editor: Bobby Satia

Sumber: Tempo.co

  BacaJuga
  • Hari Ini Polisi akan Koordinasi dengan KPK Bahas Novel

    Senin, 19 Jun 2017 13:55

    Liputanriau.com, Jakarta - Polisi akan melakukan koordinasi dengan KPK, Senin (19/6). Mereka akan membahas terkait penyiraman air keras kepada penyidik senior KPK Novel Baswedan.Kapolri Jenderal Tito

  • Reaksi Polisi soal Pertemuan Rizieq dengan Amien Rais dan PKS

    Jumat, 16 Jun 2017 15:47

    Liputanriau.com, Jakarta - Pemimpin FPI Rizieq Shihab bertemu dengan sejumlah politisi, seperti mantan Ketua Umum PAN Amien Rais, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri, dan anggota DPR dari PKS

  • Polda Metro Jaya Susun Strategi Lain untuk Tangkap Rizieq

    Rabu, 14 Jun 2017 16:08

    Liputanriau.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Meteropolitan Jakarta Raya menyiapkan strategi lain untuk menangkap buronan kasus pornografi Rizieq Shihab. Rizieq terakhir diketahui berada di Arab Saudi.

  • Komnas HAM Minta Hentikan Kasus Ulama, Polisi: Kami Profesional

    Sabtu, 10 Jun 2017 13:48

    Liputanriau.com, Jakarta - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolsian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono menanggapi santai permintaan penghentian sejumlah kasus yang melibatk

  • Aksi Bela Ulama Tetap Digelar, Polisi: Asal Jangan Keluar Masjid

    Jumat, 09 Jun 2017 14:38

    Liputanriau.com, Jakarta - Peserta Aksi Bela Ulama terus berdatangan ke Masjid Istiqlal menjelang salat Jumat. Mereka tidak mempedulikan imbauan Kapolda Metro Jaya yang meminta agar aksi dibatalkan. "

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.