• Home
  • Teknologi
  • Penipuan Gratis Kuota 50GB Semua Operator Beredar di WhatsApp

Penipuan Gratis Kuota 50GB Semua Operator Beredar di WhatsApp

Jumat, 12 Mei 2017 14:10
Dibaca: 39 kali
BAGIKAN:

Liputanriau.com, Jakarta - Sebelumnya pesan berantai yang menyebut Telkomsel sedang membagikan gratis kuota 50GB menyebar di WhatsApp. Kami telah mengonfirmasi bahwa pesan tersebut adalah penipuan.

Kali ini, kembali beredar pesan bernada serupa, tetapi tidak mengatasnamakan Telkomsel, melainkan semua operator seluler. 

Untuk membuktikan pesan tersebut merupakan penipuan sebetulnya sangat mudah.

Pertama, situs web yang disebutkan di pesan itu, bukan situs web resmi operator mana pun, bahkan nebeng di 247offers.co. Ya, alamat http://3gunlimited.247offers.co/ merupakan subdomain dari domain induk 247offers.co.

Kedua, situs web itu tidak menggunakan protokol keamanan (https), melainkan hanya protokol biasa (http). Ketiga, domain induk 247offers.co sama sekali tidak bisa diakses. Keempat, tampilan situs web itu sangat tidak profesional.

Hal lain yang mengindikasikan penipuan adalah pengguna mesti mengetikkan nama dan nomor ponselnya di situs web itu. Ini termasuk salah satu cara yang banyak digunakan penjahat siber untuk mengirim spam bahkan phishing ke nomor ponsel targetnya.

Editor: Bobby Satia

Sumber: Liputan6.com

  BacaJuga
  • Terlibat Kasus Asusila, Wakil Dekan Unair Dibebastugaskan

    Selasa, 04 Apr 2017 17:27

    Liputanriau.com, Surabaya - IKS, sejak ditetapkan tersangka tunggal dalam kasus pelecehan seksual kepada anak, dibebastugaskan dari tugas wakil dekan III Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Negeri A

  • Laptop Gaming Asus GX800 Dijual Rp 95 Juta di Indonesia

    Rabu, 22 Mar 2017 18:32

    Liputanriau-JAKARTA-Asus resmi merilis laptop gaming ROG GX800 di Indonesia. Laptop ini merupakan laptop gaming dengan spesifikasi "monster" dan dibekali mesin pendingin cair.Asus ROG GX800

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.