Robocop Sungguhan Akan Bertugas di Dubai

Kamis, 25 Mei 2017 13:07
Dibaca: 71 kali
BAGIKAN:
Dubai akan segera memanfaatkan robot polisi untuk bertugas mengawasi jalanan

Liputanriau.com Dubai - Masih ingat film Robocop yang menceritakan kisah tentang polisi robot membasmi kejahatan di jalanan? Walau ini hanya fiksi, teknologi serupa akan diadopsi oleh Dubai.

Ibu kota Uni Emirat Arab ini dilaporkan akan menugaskan robot polisi untuk menangani kejahatan di jalanan. Dikutip dari Daily Mail, Rabu (24/5/2017), robot dengan tinggi sekitar 1,6 meter itu akan bertugas untuk menerima laporan kriminal dari masyarakat, termasuk urusan tilang lalu lintas.

Meski baru awal, regulator setempat memang sudah berencana memberdayakan robot sebagai bagian dari kepolisian. Bahkan, jumlah robot yang bertugas di kepolisian direncanakan mencapai 25 persen dari seluruh anggota.

"Peluncuran operasional Robocop pertama di dunia ini menjadi tonggak bersejarah bagi Uni Emirat Arab sekaligus mewujudkan visi Dubai sebagai pemimpin global dalam adopsi teknologi untuk kota pintar," ujar Brigadir Jendral Khalid Nasser Al Razzouqi, Direktur Jendral dari Smart Services di Dubai.

Robot polisi ini akan dibekali kemampuan untuk memindai wajah dari jarak 20 meter. Selain itu, tersedia pula layar sentuh di bagian dada yang dapat digunakan masyarakat untuk melaporkan tindak kejahatan.

Robot ini juga memiliki mikrofon yang terhubung langsung dengan pusat layanan kepolisian Dubai. Adapun pihak yang turut berkontribusi dalam pengembangan robot polisi ini adalah Watson, superkomputer dari IBM dan Google.

Sebagai informasi, purwarupa dari robot ini pertama kali dipamerkan saat gelaran GITEX di Dubai World Center pada Oktober 2016. Ketika itu, robot ini dikembangkan untuk membantu turis di jalanan dan pusat perbelanjaan Dubai. 

Editor: Bobby Satia

Sumber: Liputan6.com

  BacaJuga
  • Polisi akan Gali Motif Istri Jenderal Tampar Petugas Bandara

    Jumat, 07 Jul 2017 16:25

    Liputanriau.com, Jakarta - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengatakan penyidik akan menggali motif dari istri jenderal di Polri, Joice Onsay Marouw

  • Hari Ini Polisi akan Koordinasi dengan KPK Bahas Novel

    Senin, 19 Jun 2017 13:55

    Liputanriau.com, Jakarta - Polisi akan melakukan koordinasi dengan KPK, Senin (19/6). Mereka akan membahas terkait penyiraman air keras kepada penyidik senior KPK Novel Baswedan.Kapolri Jenderal Tito

  • Reaksi Polisi soal Pertemuan Rizieq dengan Amien Rais dan PKS

    Jumat, 16 Jun 2017 15:47

    Liputanriau.com, Jakarta - Pemimpin FPI Rizieq Shihab bertemu dengan sejumlah politisi, seperti mantan Ketua Umum PAN Amien Rais, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri, dan anggota DPR dari PKS

  • Polda Metro Jaya Susun Strategi Lain untuk Tangkap Rizieq

    Rabu, 14 Jun 2017 16:08

    Liputanriau.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Meteropolitan Jakarta Raya menyiapkan strategi lain untuk menangkap buronan kasus pornografi Rizieq Shihab. Rizieq terakhir diketahui berada di Arab Saudi.

  • Komnas HAM Minta Hentikan Kasus Ulama, Polisi: Kami Profesional

    Sabtu, 10 Jun 2017 13:48

    Liputanriau.com, Jakarta - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolsian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono menanggapi santai permintaan penghentian sejumlah kasus yang melibatk

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.