• Home
  • Teknologi
  • SMA/SMK di Wilayah Operasi ikuti Edukasi Migas di Pekanbaru Raya Expo

SMA/SMK di Wilayah Operasi ikuti Edukasi Migas di Pekanbaru Raya Expo

Minggu, 05 Agu 2018 00:11
Dibaca: 183 kali
BAGIKAN:
Kepala Departemen Humas SKK Migas Wilayah Sumbagut, Haryanto Syafri memberikan penjelasan mengenai peran SKKMigas dan KKKS dalam memenuhi target produksi nasional kepada siswa siswi SMKN 1 Minas Kabupaten Siak.
Liputanriau.com, Pekanbaru - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas dan Gas Bumi (SKK MIGAS) perwakilan Sumbagut  bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PT Chevron Pacific Indonesia, BOB-PT Bumi Siak Pusako Pertamina Hulu, SPR Langgak, Pertamina Hulu Energi Siak, Pertamina Hulu Energi Kampar, PT Pertamina EP Asset 1 Lirik Field,  EMP Malacca Strait SA, EMP Bentu,  EMP Korinci Baru berpartisipasi pada pameran Pekanbaru Raya Expo pada 1-5 Agustus 2018. 

Hadir pada pembukaan expo Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas M. Atok Urrahman, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Hanif Rusjdi,  Kepala Departemen Humas SKK Migas Perwakilan Sumbagut Haryanto Syafri, General Manager Goverment Affairs dan Operation Support PT Chevron Pacific Indonesia Sukamto Thamrin, Field Manager PHE Siak Bomantara Zaelani, Team Manager Community Relation & Development BOB PT. BSP - PH Desyunarman, Operation Manager SPR Langgak Alfiandri, Operation Support Coord EMP Bentu Ltd Zulfan,  dan Lirik Field Manager PT Pertamina EP Tedjo Sumantri.

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagut Hanif Rusjdi menyampaikan bahwa SKK Migas tetap berkomitmen untuk mendukung kegiatan-kegiatan di daerah. "Dalam setiap Expo, SKK Migas selalu memberikan edukasi dan sosialisasi Kegiatan Usaha Hulu Migas agar masyarakat bisa mengetahui kegiatan KKKS dan kontribusinya kepada negara  dan daerah" ungkap Hanif.

Program edukasi kali ini diikuti oleh SMAN 2 Dayun,  SMKN 7 dan SMAN 13 Rumbai,  SMAN 1 Langgam,  SMAN 3 Tapung Hulu,  SMKN 1 Minas, SMA 1 Lirik dan SMA Migas BMR Pekanbaru. "Peserta mendapatkan penjelasan bagaimana asal usul minyak bumi, proses industri migas dari seismik hingga pengapalan di Dumai serta peran SKK Migas dan KKKS dalam memenuhi target produksi nasional dengan selamat. Selain itu peserta edukasi juga akan mendapatkan penjelasan mengenai bagaimana mengemudi kendaraan bermotor dengan selamat,"  kata Kepala Departemen Humas SKK Migas Wilayah Sumbagut, Haryanto Syafri.

Abdul Gafar, M. Pd. Kepala sekolah SMA 13 Muara Fajar Kecamatan Rumbai,  mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus, siswa dan guru pendamping sangat antusias dan positif.  Siswa diperkenalkan dengan sumber daya alam, ini menjadi motivasi tersendiri bagi siswa. "Sebagai penggerak dunia pendidikan, Saya berharap hubungan ini berkelanjutan dalam bentuk kegiatan yang menyentuh langsung kekebutuhan siswa untuk masa yang akan datang. Bisa dalam bentuk pelatihan, atau kegiatan ekstrakurikuler, " kata Abdul Gafar.

Ika, guru SMAN 3 Tapung Hulu,  menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi anak-anak, apalagi di Tapung Hulu. Mereka sering melihat stasion-stasion dari PHE Siak tapi kegiatannya dan bagaimana pengolahannya mereka tidak tahu. "Dengan adanya sosialisasi atau presentasi dari PHE Siak menambah wawasan anak-anak dan memotivasi mereka. Setidaknya mereka sadar, merekalah yang akan menjadi penerus yang mengolah sumber daya alam yang ada di negaranya," pungkas Ika, guru bidang studi ekonomi SMAN 3 Tapung Hulu. 


Di stand SKK MIGAS para pengunjung mendapatkan penjelasan mengenai tahapan kegiatan explorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi, berbagai poster program eksplorasi, eksploitasi dan program pengembangan masyarakat KKKS serta contoh minyak bumi dari seluruh lapangan, batuan, mata bor dll. Berbagai suvenir menarik akan diberikan bagi pengunjung yang aktif di program quiz.

Produk usaha kecil dan menengah binaan SKK MIGAS-KKKS juga ditampilkan di stand ini antara lain tenun Wan Syamsinar Dumai dan produk daur ulang sampah binaan Chevron, madu dan produk olahan ikan & sagu binaan EMP Bentu dan EMP Malacca Strait SA, kripik jamur, dan stik sawi & abon lele binaan PEP Lirik. Setiap sore hingga malam hari, di stand SKKMigas pengunjung pameran akan diajarkan cara membatik oleh Rumah Batik Cempaka binaan SKKMigas-Chevron. (rls)
Editor: Bobby Satia

  BacaJuga
  • Pekanbaru Segera Miliki PLTU Berbahan Bakar Limbah Sawit

    Jumat, 03 Nov 2017 18:37

    Liputanriau.com,PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru menyatakan dalam waktu dekat sebuah pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dengan bahan bakar limbah kelapa sawit berkapasitas 2x10 megawatt akan be

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 LIPUTAN RIAU. All Rights Reserved.